Setingan Pleci Sebelum Lomba agar mau BUKPAR atau Buka Paruh

Setingan Pleci Sebelum Lomba agar mau BUKPAR atau Buka Paruh
Setingan Pleci Sebelum Lomba agar mau BUKPAR atau Buka Paruh_Burung pleci atau Kaca Mata merupakan burung kicauan yang sangat cerdas serta memiliki ukurannya kecil dan termasuk burung koloni atau burung yang suka hidup secara berkelompok dalam jumlah yang lumayan banyak.Maka dari itu jika burung pleci atau kaca mata kesangan kita dirawat dirumah sendiri tanpa ada burung pleci lain,pada suatu saat kita beli burung pleci lagi dan ditemukan dengan burung pleci kita yang ada di rumah maka burung pleci kita akan terlihat tingkah seolah merasa senang sekali ketika.
Namun ketika banyak burung pleci dalam satu tempat tidak semua burung pleci mau berkicau sama seperti jika sedang sendirian.Maka dari itu belilah burung pleci yang banyak dulu lalu disortir dan pilihlah burung pleci yang mempunyai mental bagus.Jadi ketika kita main kegantangan baik latber atau latpres burung kita setiknya mau bunyi bukan malah diam seribu bahasa.jadi sebelum membahas setingan lebih baik pastikan dulu burung pleci yang kita miliki adalah burung pleci yang memiliki mental bagus.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Branjangan Parva dan Javanica 

Pada habitatanya juga tidak semua burung pleci berbunyi keras pada kelompok atau koloninya. burung pleci yang kerap terdengar mengeluarkan suara kerasnya pada saat berada dalam kerumunan pleci atau koloninya hanyalah satu ekor saja.Burung pleci yang memiliki suara paling keras dan mentalnya bagus bisanya adalah pemimpin koloni.Burung pleci ini juga berhak mengarahkan tujuan koloninya untuk mencari makan bersama dan menempati suatu daerah pohon atau kebun mana saja.

Setingan Pleci Sebelum Lomba agar mau BUKPAR atau Buka Paruh

Setelan Burung Pleci Sebelum Lomba agar Mau BUKPAR atau Buka Paruh

Burung Pleci atau burung kacamata dalam perawatanya sebenar susah-susah gampang karena pada umumnya burung pleci sangat gampang sekali berkicau jika burung pleci tersebut memang burung pleci jantan.namun seperti yang saya bahas diatas tidak semua burung pleci memiliki mental yang bagus.Bagi para kicau mania penggemar burung pleci atau yang biasa disebut PLEMAN ( Pleci Mania) memiliki burung pleci juara pastinya sangat diinginkan dan membuat bangga bagi pemiliknya.

       Baca Juga : Kenari Gunung / Kenari Melayu (Mountain serin-Chrysocorythus estherae)

Namun untuk mendapatkan burung pleci juara tentunya tidaklah gampang,perlu setingan dan perjuangan ektra untuk mendapatkanya.karena terkadang burung pleci atau burung kacamata kita tidak bisa tampil prima pada saat lomba atau digantang baik dalam latber atau iven besar berlangsung.padahal burung pleci yang kita miliki pada sangat keras saat berkicau dirumah setiap harinya.Namun pada sa’at dibawa ke arena gantangan atau lomba hanya dapat loncat-loncat bahkan diam seribu bahasa didalam sangkar.
Agar burung pleci atau burung kacamata kesayangan kita dapat berkicau secara maksimal dan memiliki power yang bagus tentu membutuhkan setingan yang tepat atau perawatan yang tepat seperti yang akan saya bahas dibawah ini.dan kita perlu melakukannya secara konsisten.

1.Setingan yang Pertama adalah Menjaga birahi burung pleci

Menjaga birahi burung pleci merupakan sesuatu yang sangat penting,karena birahi burung pleci yang naik turun akan sangat mempengaruhi performa burung pleci digantangan atau perlombaan.birahi burung pleci yang stabil dapat membuat burung pleci kesangan kita tampil prima pada saat gantangan atau perlombaan.maka sebaiknya kita dapat mengetahui dan mengatur birahi burung pleci kesangan kita.karena yang dapat mengetahui seberapa setingan birahinya adalah kita sendiri sebagai pemiliknya.sebab setiap burung pleci memiliki karakter yang berbeda antara satu dan yang lainya.

        Baca Juga : Racikan Pakan Burung Love Bird Biar Gacor dan Ngekek Panjang

Dalam setingan birahi burung pleci ada yang menggunakan pakan dan ada juga yang menggunakan seting betina.dan ada pula yang menggunakan kedua setingan tersebut.kembali lagi tergantung karakter burung dan kebiasaannya.
Pada umumnya sebelum lomba atau gantangan dimulai para pleci mania atau pleman mulai menjaga pakan burung pleci kesayangannya mulai H-7 sampai dengan H-12 sebelum lomba atau gantangan dimulai.Setelah H-3 sampai H-1 menjelang lomba atau gantangan burung pleci mulai diberi pakan yang memiliki protein tinggi baik berupa foer ataupun pakan dalam bentuk serangga dan buah-buahan.setingan ini biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena jika setingan pertama gagal maka kita bisa mencatatnya.baik apa yang kurang atau apa yang berlebih dan diperbaiki pada lomba atau gantangan selanjutnya.seperti halnya setingan motor yang sudah pasti rumusnyapun tidak bisa langsung jadi.perlu percobaat beberapa kali untuk mendapatkan setingan yang sempurna.

2. Setingan yang kedua adalah Mandi malam

Mandi malam pleci dapat membuat birahi pleci terjaga dan jika terlalu tinggi bisa menurunkannya.burung pleci dapat kita mandikan malam antara jam 19.00 sampai dengan jam 21.00 sebelum lomba atau gantangan dimulai dengan menggunakan sprayer yang halus hingga burung terlihat basah.setelah itu burung kita angin-anginkan sambil kita beri 2 sendok teh kroto segar. dan bisa juga kita beri 3 ekor ulat hongkong yang sudah berganti julit atau yang berwarna putih.
Setelah pleci diangin-anginkan dan diberi EF (Extra Foeding) kurang lebih selama satu jam sampai terlihat bulu pleci tidak terlalu basah.kemudian kandang pleci dapat kita krodong sambil kita dengarkan suara masteran sampai pagi hari.kemudian kita embunkan dan lanjutkan perawatan harianya.
mandi malam jika dilakukan pada kondisi cuaca yang sangat dingin lebih baik burung tidak terlalu basah dan jangan terlalu lama dalam menyempotnya.
Setingan mandi malam pada pleci

3. Setingan yang Ketiga Kenali Karakter pleci

Kenali karakter pleci kesangan kita yang kita rawat dirumah,Karena setiap burung pleci memiliki karakter yang berbeda tentu dalam setingannyapun berbeda pula sebelum lomba.ada pleci yang memang harus disendirikan sebelum lomba ada pula yang memang harus dikoloni dan diberi betina dalam satu kandang.atau sobat pleci mania menyebutnya cas betina dengan menggunakan pleci betina yang ditaruh dalam satu sangkar dengan pleci jantan atau dengan kandang yang didekatkan.
Untuk karakter pleci yang perlu disendirikan sebaiknya diasingkan dari burung sejenis selama 6-12 hari menjelang perlombaan dimulai.burung pleci biarkan sendiri dengan tidak melihat pleci lain atau mendengar suara pleci lainnya. karena jika sampai mendengar suara burung pleci lain maka pleci ini akan sangat agresif dalam berkicau dan juga bisa mengeluarkan suara pleci yang sangatlah keras dan berfariasi sehingga pada saat lomba bisa kehabisan tenaga.
Namun bagi yang biasa di cas betina atau di koloni kurang lebih Selama 6-12 hari sebelum lomba atau gantangan pleci dimulai lebih baik dicas dengan pleci betina dan dikoloni dengan kelompoknya.sehingga ketika dipisah dengan betina atau koloninya pada saat gantangan atau perlombaan maka pleci kesayanagn kita akan mencari-cari pleci betinanya ataupun koloninya sehingga dapat mengeluarkan suara kicauan dengan suara yang lantang dan keras seperti dialam bebas dan tidak memperdulikan burung pleci lain yang ada digantangan.

4.Setingan yang Terahir adalah pada Saat di arena Lomba atau Gantangan

Setingan pada saat di gantangan atau arena perlombaan sangatlah penting.ketika berada di arena gantangan atau perlombaan pleci sebelum digantangkan, sebaiknya kerodong pleci dibuka selama kurang lebih 15 sampai 30 menit.ini dilakukan dengan tujuan agar burung pleci kita mengetahui kondisi disekitar gantangan dan membuat burung pleci tidak kaget setelah digantangkan.
Ada pula para pleci mania yang melakukan pemanasan sebentar dengan kelompoknya sebelum burung pleci digantangkan pada arena perlombaan.setelah itu baru kerodong kembali sebelum perlombaan dimulai dan buka kembali pada saat digantangkan.
Jangan lupa juga ambil cepuk makan dan bersihkan dasar kandang dari kotan dan sisa pakan.hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari pleci turun untuk makan makanan yang ada didasar sangkar.ingat juga pastikan sangkar tidak terdapat semut atau serangga lain karena terkadang itu dapat menggu.dan biasanya burung pleci akan mematuknya baik sekedar untuk mainan atau untuk dimakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *