Cara Membedakan Sogon polos/anakan Jantan dan Betina

Cara Membedakan Sogon polos/anakan Jantan dan Betina_burung madu sriganti (bahasa Latin: Nectarinia jugularis) atau biasa kita kenal SOGON atau Sogok Ontong adalah spesies burung dari keluarga Nectariniidae, dari genusNectarinia. Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Benalu, Mengkudu, Pepaya, Dadap, serangga kecil, laba-laba dan memiliki habitat di pekarangan, semak pantai, hutan mangrove dan perkebunan serta perbukitan yang memiliki banyak pohon baik pohon berukuran tinggi ataupun pohon berukuran rendah seperti semak belukar.burung madu sriganti atau sogon biasanya juga sangat gampang ditemukan didaerah dekat aliran sungai dan terkadang juga membut sangat di pohon yang sangat pendek atau di rumput dekat aliran sungai.

Burung Madu Sriganti atau Sogon memiliki ukuran tubuh kecil yang tak kalah berbeda dengan jenis burung madu lainnya dengan panjang hanya sekitar 10 cm saja. Burung ini tersebar tidak hanya ada di kawasan hutan Indonesia tapi juga terdapat di berbagai negara lainnya yang meliputi Tiongkok, Australia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Bangladesh. Sedangkan penyebaran burung Madu Sriganti di hutan Indonesia terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan beberapa pulau lainnya.untuk saat ini burung madu sriganti atau sogon populasinya di Indonesia terus menurun karena banyaknya penangkapan liar secara membabibuta.apalagi sekarang Sogon sangat banyak diminati dikalangan kicau mania Indonesia baik hanya untuk sekedar jadi peliharaan,masteran burung lain seperti kacer,murai batu,cucak hijau dan juga sebagai burung lomba atau kontes.karena sekarang juga sudah sangat banyak di buka kontes atau gantangan Sogon olih EO kecil di daerah ataupun oleh EO yang sudah ternama.oleh sebab itu harga Sogon baik bakalan atau bahan mulai melejit.yang tadinya tidak ada harganya sekarang memiliki harga tinggi.terutama yang biasa menang kontes bisa di hargai jutaan Rupiah.

Kehidupan burung yang juga dipanggil dengan nama Sogok Ontong(Sogon) ini di alam liar biasanya menghuni area hutan terbuka yang ada di dataran rendah hingga pegunungan. Selain itu, jenis burung madu ini sering kali hidup secara berkelompok dengan mendiami area perkebunan, pekarangan rumah, taman, semak belukar, dan hutan mangrove. Jenis makanan yang selalu disantapnya pun tidak hanya berasal dari nektar atau sari bunga saja. tapi juga menyantap beragam jenis buah-buahan yang mengandung banyak gula seperti pepaya, mengkudu, dadap, dan serangga kecil.
Adapun ciri fisik burung yang bernama latin Cinnyris jugularis ini bukan hanya dikenal mempunyai ukuran tubuh yang kecil tapi juga penampilan yang menarik. Warna tubuh burung Madu Sriganti terdiri dari beberapa warna yakni kuning, hijau zaitun, ungu kehitaman metalik, dan cokelat. Warna kuning tampak menutupi area bawah tubuhnya mulai dari pangkal perut sampai dengan tunggir. Warna hijau zaitun terlihat di bagian atas tubuhnya mulai dari kepala, tengkuk, punggung, dan sayapnya. Warna ungu kehitaman metalik terlihat di bagian tenggorokan dan dadanya. Warna cokelat ada di bagian depan wajah dan pangkal sayapnya.

Ciri lainnya yang bisa dikenali dari burung Madu Sriganti atau Sogon adalah paruhnya yang berwarna hitam berukuran cukup panjang. Paruh panjang tersebut berbentuk tipis dan runcing di bagian ujungnya. Bagian lehernya berukuran agak panjang dengan mata yang tampak besar berwarna kehitaman. Selain itu, karakter burung Madu Sriganti terkenal ribut dengan mengeluarkan kicauannya bersama kawanannya. Sewaktu berada di atas ranting pohon atau di pucuk pohon burung ini suka mengeluarkan kicauan hasnya. bunyi kicauan burung Madu Sriganti tergolong merdu dan nyaring dengan mampu mengeluarkan suara bervolume cukup tinggi. Suara kicauannya tidak hanya terdengar melengking tapi juga berirama dengan nada awal yang datar lalu diikuti nada berikutnya yang bertempo cukup rapat mirip suara tembakan burung kolibri ninja dan tidak kalah pula dengan suara burung kenari,karena suara burung madu sriganti memiliki ciri khasnya sendiri.

Cara Membedakan Sogon polos/anakan Jantan dan Betina :


Untuk membedakan jenis kelamin anakan burung Sogok Ontong atau Sogon Jantan atau betina pastinya juga sangat mudah jika sudah remaja. Ini disebabkan karena ciri-ciri Sogon jantan dan betina sangatlah mudah untuk dikenali.Karena burung Sogok Ontong atau Sogon jantan bisa dilihat dengan adanya bintik metalik yang terlihat berwarna hitam di bagian bawah dagu burung sogon. Sedangkan, untuk burung Sogok Ontong atau sogon yang berjenis kelamin betina tidak ada bintik berwarna hitam metalik dan terlihat berwarna kuning polos.

Sedangkan untuk burung Sogok Ontong atau Sogon yang masih polos/anakan atau yang belum keluar metaliknya sama sekali, bagi banyak orang mungkin dinilai sangat lah susah dan sukar untuk dibedakan. Terlebih lagi bagi kicau mania yang masih awam mengenai burung Sogon atau burung madu sriganti.Karena jika masih anakan atau polos, baik burung sogon jantan ataupun burung sogon betina belum menunjukkan perbedaan apapun,kecuali bagi yang sudah terbiasa dan sanngat jeli dalam mengamatinya.pastilah terlihat ada perbedaan antara sogon jantan dan betina yang masih anakan atau polos,bahkan perbedaannya sangatlah jelas.
Cara Membedakan Sogon polos/anakan Jantan dan Betina :



Sogon Anakan atau Polos Jantan :

  • Pada Burung Sogon anakan atau polos jantan memiliki bulu diseluruh tubuh yang terlihat cerah
  • Paruh terlihat lebih panjang dan lebih tebal serta memiliki warna hitam pekat
  • Memiliki Alis berwarna kuning cerah dan terlihat panjang serta lebih tebal
  • kaki terlihat lebih jenjang dan besar
  • Postur Tubuh lebih tegap
  • Kepala lebih besar dan terlihat agak papak
  • Mata terlihat melotot serta memiliki tatapan tajam
  • Pangkal paruh kelihatan berwarna oren jika masih sangat muda
  • Ekor sering mekar
Sogon Anakan atau Polos Betina :
  • Untuk sogon polos atau anakan betina warna bulu disegujur tubuhnya terlihat lebih kusam dibanding yang jantan.
  • Paruh terlihat lebih pendek dan lebih tipis serta memiliki warna yang tidak terlalu hitam
  • Memiliki alis pendek dan tipis serta warna kusam
  • kaki terlihat lebih pendek dan kecil
  • postur tubuh lebih membungkuk dan terlihat besar atau bulat.
  • kepala terlihat lebih kecil dan leher lebih pendek
  • mata terlihat lebih kecil jika dibanding yang jantan
  • Pangkal paruh terlihat berwarna kuning bukan oren.
  • Ekor warna pucat dan sering menumpung.
ya cukup sekian dulu,semoga tulisan saya ini membantu dalam memilih anakan sogon jantan.bila ada kekurangan silahkan ditambahkan di kolom komentar jika cukup membantu silahkan dibagikan keteman-teman yang lain..
salam kicau mania..
RKD BF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar

  1. This positioning is continually refreshed; every player is positioned by his/her exhibition, over the span of the year, in the primary competitions all throughout the planet. Focuses are aggregated during the year; prizes are granted to the every month's best player and to the general best player of the year. silk pajamas for men